×

Indahnya Panorama Tol Salatiga yang Eksotik Menyaingi Keindahan Jalan Tol di Swiss

Indahnya Panorama Tol Salatiga yang Eksotik Menyaingi Keindahan Jalan Tol di Swiss

Jalan Tol Salatiga yang membentang dari Bawen ke Salatiga kini sudah 99% pengerjaannya dan hampir rampung. Jalur tol tersebut memiliki panorama yang sangat indah dan memukau. Keindahan panorama tol Salatiga semakin eksotik dengan latar belakang pemandangan Gunung Merbabu yang puncaknya dihiasi awan tipis yang putih.

Pegunungan Merbabu adalah pegunungan yang tercantik di Jawa Tengah. Pegunungan dengan empat puncak gunung itu berada di ketinggian 3.142 m diatas permukaan laut. Keindahan pegunungan Merbabu inilah yang membuat panorama tol Salatiga menjadi sangat indah dan menawan.

Menjadi Buah Bibir Banyak Orang

Tol Salatiga saat ini menjadi buah bibir banyak orang lantaran pemandangannya yang sangat indah dengan latar belakang pegunungan dan bentangan persawahan yang asri serta hijaunya perbukitan. Selain disuguhi keindahan panorama pegunungan Merbabu, di ujung tol Salatiga, tepatnya di simpang tiga Tingkir, keindahan pegunungan Telomoyo juga terbentang menawan.

Keindahan panorama tol Salatiga bahkan disebut menyaingi keindahan jalan tol di Swiss yang juga memiliki latar belakang pegunungan. Bedanya di Swiss, puncak pengunungannya ditutupi pemandangan salju putih yang menawan, sedangkan jalan tol Salatiga, puncak pegunungan Merbabu dihiasi dengan selimut awan tipis berwarna putih yang indah.

Dijuluki Panoramic Tol Road

Tol Salatiga adalah salah satu bagian dari tol Semarang-Solo. Jalur tol Salatiga ini dijuluki Panoramic Tol Road karena memiliki pemandangan yang fantastis sepanjang ruas tol yang menghubungkan dari Bawen ke Salatiga

Panoramic Tol Road Salatiga yang tidak kalah cantik dengan keindahan jalan tol di Swiss (Dok. Kementerian PUPR)

Ruas tol Semarang-Solo memiliki panjang kurang lebih sekitar 75,2 kilometer. Jalur tol ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu Semarang-Ungaran sekitar 11 kilometer, Ungaran-Bawen sekitar 12 kilometer, dan Bawen-Salatiga 17,56 kilometer.

Selanjutnya, untuk ruas tol Salatiga-Boyolali sepanjang 24,47 km dan Boyolali-Kartasura sepanjang 7,74 km saat ini sedang dalam tahap konstruksi. Target penyelesaian seluruh ruas Tol Semarang-Solo dikebut pengerjannya agar dapat beroperasi pada tahun 2018 mendatang.

Tol Salatiga memiliki delapan lajur di gerbang Tol yang dilengkapi dengan fasilitas tol berupa Rest Area. Keindahan pemandangan sawah yang asri, latar pegunungan Merbabu, dan hijaunya perbukitan dan lembah menambah eksotiknya pemandangan sepanjang ruas tol Bawen menuju Salatiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*